SD Muhammadiyah 1 Bangkalan Gelar Wisuda Ratusan Hafidz-Hafidzah Tahun 2021/2022


BANGKALAN - 28 Mei 2022, Muhammadiyah Bangkalan melalui salah satu AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) nya mewisuda para Hafidz-Hafidzah yang pelaksanaannya disatukan dengan wisuda purna Asuh angkatan ke VI fullday School SD. Muhammadiyah I Bangkalan.

Wisuda purna asuh angkatan ke VI tahun 2022 ini dihadiri oleh segenap unsur Pimpinan Muhammadiyah yaitu Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) maupun Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bangkalan, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), Pimpinan Daerah Naisyatul Aisyiyah (PDNA), Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA), Pimpinan Cabang Naisyatul Aisyiyah (PCNA), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM), PCPM maupum IMM, turut hadir pula Ketua TP. PKK sekaligus Bunda PAUD, Ibu Zaenab Zuraidah Latif, SE. Istri Bupati Bangkalan (Ra Latif), Kementerian Agama Bangkalan dan Juga dari para TK dan SD Muhammadiyah se Bangkalan.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD, Zaenab Zuraidah Latif, SE mengutarakan kebahagiaannya bisa hadir disini dan berbagi kisah, tentunya untuk mengucapkan selamat kepada para wisudawan Takhfidzul Quran dan Purna Asuh UPTD. SD. Muhammadiyah I Bangkalan, Tutur Beliau.


Sementara itu, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Bangkalan, Hj. Siti Cholilah menuturkan, “Wisuda angkatan ke VI ini adalah wisuda akbar karena sudah tiga tahun tidak melaksanakan wisuda seperti sekarang ini, sehingga wisuda purna asuh dan wisuda Tahfidzul Qur’an sehingga lebih meriah dan lebih khidmat. Kalau yang wisuda purna asuh kelas 6 ada 59 siswa dan yang Tahfidzul Qur’an dari kelas 1 sampai kelas 6 ada 110 siswa.” Tuturnya.

Jika melihat dari besarnya acara dan animo peserta maupun undangan dapat dikategorikan bahwa wisuda purna asuh angkatan ke VI ini merupakan wisuda paling akbar sejak angkatan didirikan hingga saat ini.

Gelar acara dimulai sejak jam 08.00 BBWI ini memakan waktu sekitar 5 jam dengan segenap rangkaian acara yang begitu padat.


Ketua panitia pelaksana Bpk. Agus Lahendra, S. Pd., sekaligus mentor acara tersebut menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada segenap handai taulan yang telah ikut serta membantu baik materiil maupun spirituil sehingga wisuda akbar purna asuh dan Wisuda Hafidz-Hafidzah tahun 2022 ini dapat berjalan sukses, lancar dan mengagumkan, tuturnya. 

Acara yang diselenggarakan di lantai IV gedung Ngudia Husada Madura (NHM). Gedung berkapasitas 850 orang ini penuh dengan para peserta wisuda baik purna asuh maupun Takhfidzhul Qur’an serta para undangan.

Satu persatu para wisudawan-wisudawati dipanggil kedepan tanpa menyebutkan embel-embel nilai akademik yang mereka raih masing-masing melainkan nilai-nilai plus yang menonjol dari masing-masing anak tersebut. Setiap anak memiliki keunikan nya sendiri-sendiri, sehingga tampak sekali bahwa acara Wisuda Purna Asuh & Takfidzul Qur’an ini merupakan acara bersama, acara milik bersama tanpa ada yang merasa menjadi sekedar penggembira saja didalamnya. Tak ada orang tua yang merasa hanya sekedar hadir karena seluruhnya istimewa dan bukan merupakan hal yang dibuat-buat.

Penyebutan setiap siswa secara personal menunjukkan pengenalan para pendidik yang mendalam terhadap anak didiknya. Konsep multiple intelligence dalam sekolah ini yang lebih dikenal dengan sebutan fullday school ini benar-benar diterapkan dalam menjaga, menumbuhkan dan mengapresiasi keunggulan unik setiap siswa.

Acara wisuda yang panjang ini seharusnya membosankan, ternyata tidak! Seperti menyimak parade bintang, berkali-kali hati orang tua dibuat takjub. Berkali-kali mata ini membasah, menyaksikan betapa anak-anak ini memang seperti mutiara. Membutuhkan ilmu dan kesabaran untuk mengenal potensinya, memoles dengan telaten hingga muncul benar kilaunya.

Kesan dan pesan dalam empat bahasa ditampilkan oleh para anak-anak purna asuh UPTD. SD. Muhammadiyah I Bangkalan. Dalam Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Madura serta tak ketinggalan juga bahasa arab sebagai penutup.

Wisudawan akademik terbaik jatuh pada Ardhan dan Akmal serta prestasi non akademik terbaik diperoleh oleh Ananda Ardhani Prayata Akmal dari kelas VI A dan M. Ay. Lina Prameswari dr 6 B.

Wisudawan takhfidzul Quran teristimewa diberikan kepada Althaf Asmi Nasrullah dr kelas IV dan Hairul ibnu Sina dari kelas IV B.

Hafidz Quran termuda tahun ini berasal dari kelas I B UPTD. SD. Muhammadiyah I Bangkalan.

Seluruh penghargaan di sponsori oleh LAZISMU Bangkalan yang memiliki banyak sekali Program-program didalamnya.


Lebih baru Lebih lama